Selamat Datang Di Blogger Generasinya Anak Rantau
LARA HATI (Laskar Anak Rantau Hamba Sejati): Electronic Mail ( E-Mail )

Wednesday 29 October 2014

Electronic Mail ( E-Mail )


Kepanjangan dari Email adalah Electronic Mail yang artinya surat elektronik. Secara harfiah, email dapat didefenisikan sebagai metode pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan pesan melalui sistem komunikasi elektronik berupa internet. Dari pengertian email tersebut, jelas bahwa email mulai dari ditulis, dikirim, diterima, sampai dengan dibaca dilakukan secara elektronis. Email adalah surat elektronik yang dikirim dengan menggunakan internet seperti layaknya surat biasa email dapat ditujukan ke perorangan dan kelompok. Email bisa menjangkau seluruh dunia dengan karena didukung jaringan global. Dengan email maka surat menyurat dapat dilakukan dengan sangat cepat dan singkat kurang lebih 1 Menit (tetapi tergantung speed internetnya ya duk..) tanpa harus menunggu tukang pos datang mengirimkan surat. Pengirim email ke seluruh dunia tidak dibedakan biayanya baik jarak dekat atau jauh semuanya sama.
Agar email bisa bekerja dibutuhkan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang berfungsi untuk mengirimkan email melalui internet. Secara sederhana cara kerja email dapat dijelaskan sebagai berikut:
  • Email dibuat atau ditulis menggunakan MUA (Mail User Agent) atau yang dikenal dengan email client.
  • Proses pengiriman email tersebut ditangani oleh MTA (Mail Transfer Agent) atau disebut pula dengan mail server.
Syarat melakukan pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah:
1.     Memiliki Jaringan Internet (eg. Speedy, Modem, Wifi dll)
2.     Membuat alamat email contoh: dirmanlara@gmail.com / akasdirman@yahoo.com
3.     Mengetahui Username & Password dari Email; “Account dan kata sandi”.
4.     Mengetahui E-mail yang di tuju.
5.     Isi dari Email itu sendiri (Ketikan, Dokumen, dan File Lainnya).
Di internet sudah banyak penyedia layanan Email gratis, seperti di www.yahoo.com, www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.com, www.Hotmail.com (Windows Live).Anda bisa membuat email secara gratis di sana.
Keberadaan email memberikan terobosan baru dalam sistem komunikasi memiliki keunggulan sekaligus kelemahan.  
Kelebihan dari Email dapat dijabarkan sebagai berikut:
  • Dapat mengirim lebih dari satu orang dalam waktu bersamaan.
  • Dapat mempermudah komunikasi dengan orang yang ada diseluruh dunia.
  • Proses cepat mulai dari penulisan atau pengetikan email sampai dengan pengiriman email hanya membutuhkan beberapa menit.
  • Caranya mudah karena hanya cukup mengetikkan pesan yang ingin disampaikan dalam komputer.
  • Email dapat dikirim secara massa ke beberapa orang sekaligus.
  • Dapat mengirimkan file atau dokumen sebagai lampiran email.
  • Email dapat dibuat dimana dan kapan saja selama ada koneksi dengan internet baik menggunakan komputer maupun ponsel.
  • Ditinjau dari sisi biaya, email lebih ekonomis, dan Keamanan data / surat terjamin.
Sementara Kekurangan dari Email di antaranya adalah:
  • Harus selalu online atau terhubung ke internet untuk membuat dan mengirimkan email.
  • Harus selalu ingat username dan password account email.
  • Berpotensi untuk penyebaran virus dan spyware.

Beberapa Fungsi Fitur Email


Dari penjelasan diatas telah kita ketahui duk sedikit banyak tentang Email, berikut ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa fitur email yang mungkin duk duk semua belum tahu. Check it!
Mungkin beberapa orang sudah terbiasa menggunakan Email dalam aktifitasnya sehari-hari, Saya yakin tidak akan kesulitan dalam membedakan fitur tersebut, nah masalahnya terkadang kitapun yang sudah sering menggunakan Email tidak tahu apa itu CC dan BCC karena tidak pernah dipake’ waktu kirim Email, ya mungkin dengan alasan karena haya satu alamat tujuan dalam pesan yang di kirim, dll.
Kalo di perhatikan ketika ingin mengirim Email misalnya kepada seseorang, hal pertama yang di lakukan adalah menulis email (create), dimana pada form tersebut biasanya terdapat kolom to, cc, bcc, subject, dan isi pesan kemudian jika sudah tinggal mengirim Email tersebut, nah yang menjadi perhatian adalah kolom CC dan BCC apa perbedaannya?. Mari kita bahas ya duk!

To :
(Kepada) Kolom ini biasanya digunakan untuk menuliskan alamat penerima dari email yang akan di kirim, misalnya saya ingin mengirim email kepada teman saya maka saya tuliskan (akasdirman@yahoo.com) jika penerima email banyak biasa di pisahkan dengan tanda koma.

Cc :
(Carbon Copy) Kolom ini biasanya digunakan untuk menuliskan alamat penerima tembusan atau copyan dari email tersebut kepada siapa saja akan di kirim selain siPenerima to. Misalnya kita mau mengirim email lamaran kerja maka kolom To ditujukan Team HRD Recrutmentnya sedangkan kolom CC ditujukan tembusan ke Manager / Pimpinan supaya dapat diketahui.

Bcc :
(Blind Carbon Copy) Kolom ini biasanya jarang digunakan tetapi, mungkin sewaktu-watu bisa di gunakan juga dimana sifatnya Hidden (Tersembunyi) Jika penerima utama di kolom To dan penerima tembusan di kolom Bcc maka seluruh penerima tembusan maka di kolom Bcc tidak saling mengetahui, tidak akan di publikasikan penerima lain selain siapa penerima utamanya.

Demikian penjelasan saya mengenai Email dan beberapa fitur fungsi dari email (TO, CC dan BCC), ada beberapa Email yang biasanya tidak menampilkan langsung kolom CC, dan BCC biasanya hanya berupa link untuk menampilkan jika di perlukan.


No comments:

Post a Comment